skip to Main Content

PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan Program Studi Ilmu Perpustakaan adalah Sarjana Perpustaakan dan Sains Informasi (S.S.I) yang memiliki kemampuan meneliti dan mengembangkan ilmu perpustakaan, Informasi dan Kearsipan serta aplikasi perpustakaan secara profesional yang dilandasi nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah.
Profil lulusan dimaksud apabila dikaitkan dengan bidang profesi maka dapat digambarkan sebagai berikut :

1. Sebagai akademisi atau peneliti

Memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan terkait perpustakaan, informasi dan Kearsipan.

2. Sebagai pustakawan (ahli pengelola perpustakaan dan informasi)

Memiliki kemampuan teknologi dan informasi (digitalisasi atau komputerisasi) dalam pengelolaan informasi atau pelayanan perpustakaan

3. Sebagai konsultan jasa informasi

Memiliki kemampuan sebagai pengelola ilmu pengetahuan (librarian knowledge management), Pengelola data atau arsip serta pengelola informasi.

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP

  1. Bertakwa kepadaTuhanYang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai konsep teoritis, metode, dan aplikasi dalam pengembangan layanan informasi dan perpustakaan.
  2. Menguasai konsep teoritis dalam pengelolaan sumber-sumber informasi yang mencakup analisis kebutuhan, kebijakan pengembangan koleksi, pengadaan dan seleksi, pengatalogan, e-resources, dan preservasi.
  3. Menguasai konsep teoritis dan teknik dalam penggunaan dan pengembangan sistem informasi perpustakaan berbasis TIK.
  4. Menguasai konsep teoritis, metode, dan perangkat analisis fungsi manajemen (perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian) pada perpustakaan dan lembaga informasi lainnya.
  5. Menguasai kaidah, prinsip-prinsip dalam personal skill lintas fungsi, audiens, dan budaya.
  6. Menguasai minimal satu metode penelitian (survey, eksperimen, , studi kasus) pada lingkup kuantitatif dan kualitatif.

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi bidang perpustakaan dan informasi.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan kajian perpustakaan dan informasi, berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Mampu menyusun deskriptif saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mampu mengelola pembelajaran berbasis kepustakawanan secara mandiri.
  11. Mampu melaksanakan sikap kepemimpinan dalam lingkup kerja di perpustakaan dan masyarakat.
  12. Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik didalam maupun di luar lembaganya.
  13. Menguasai bahasa Inggris dalam menjalankan profesinya.

KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu membuat perencanaan dalam meningkatkan layanan perpustakaan berdasarkan analisis kebutuhan pengguna.
  2. Mampu mengelola sumber-sumber informasi dengan menggunakan metode pengelolaan sumber informasi berdasarkan analisis fungsi perpustakaan dan lembaga informasi lainnya.
  3. Mampu mengembangkan sistem informasi perpustakaan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan menggunakan teknologi informasi perpustakaan berdasarkan analisis kebutuhan pengguna.
  4. Mampu mengelola perpustakaan sebagai lembaga informasi berdasarkan prinsip- prinsip pengelolaan perpustakaan.
  5. Mampu menerapkan dan mengembangkan keahlian Personnal Skill lintas fungsi dan level organisasi.
  6. Mampu melakukan kajian teoritis dan terapan bidang kepustakawanan yang menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan metode ilmiah.
Back To Top