skip to Main Content

Kepuasan Pengguna Lulusan (User)

Summary

Survei ini ditujukan untuk memetakan tingkat kepuasan pihak pengguna terhadap kinerja lulusan FIKOM-UNINUS.  Selain untuk memenuhi rekomendasi BAN-PT, hasilnya diharapkan dapat memberikan masukkan penting dan kemudian ditindak-lanjuti sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan proses manajemen mutu dan tata-kelola pada umumnya, baik pada tingkat fakultas maupun universitas. Selain itu diharapkan dapat dijadikan rujukan alternatif untuk menentukan langkah-langkah pemecahannya atau ditindak-lanjuti baik pada level strategis maupun operasional-teknis.

Survei melibatkan 36 orang dari 143 orang lulusan tahun akademik 2017-18 sd 2021-22. Kinerja lulusan diukur dengan menggunakan 17 dimensi kinerja yang dikembangkan oleh BAN-PT, Skills 2025 (word economic forum-WEF) dan Skills 2030 (OECD). Secara keseluruhan kinerja lullusan dinilai tinggi atau sangat memuaskan oleh pihak penggunanya. Kinerja tertinggi ditunjukan oleh dimensi, integritas, komunikasi, bekerjasama, beradaptasi dengan hal baru, insiatif dan kreativitas kerja, dan bertanggungjawab, Sebaliknya yang dinilai rendah yaitu dimensi kepemimpinan, bekerja di bawah tekanan, dan yang paling rendah adalah Bahasa Inggris.

Dari sisi konsep, model dan metode, studi ini masih mengandung beberapa keterbatasan, Oleh karenanya diharapkan dapat dilanjutkan dan dikembangkan di masa mendatang sehingga akan diperoleh hasil atau gambaran tentang harapan pihak pengguna yang lebih mendekati dan rinci serta meliputi dimensi kinerja lulusan yang lebih luas. Mengingat kepuasan pihak cenderung dinamis, maka seringkali potret sesaat tidak memberikan gambaran yang rinci dan utuh. Direkomendasikan agar pemetaan kepuasan pihak pengguna harus dilakukan secara teratur dan menggunakan model pengukuran yang sesuai dengan rambu-rambu kebutuhan yang berkembang di pasar tenaga kerja.

Back To Top