skip to Main Content

SURVEI KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)

Summary

Laporan penelitian survei ini ditujukan untuk memperoleh informasi, memetakan dan menakar kepuasan mahasiswa terhadap pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2022. Hasilnya diharapkan dapat memberikan umpan balik yang lebih terukur, sebagai salah satu komponen penting yang diperlukan untuk meningkatkan proses manajemen mutu pelaksanaan KKN pada tahun-tahun berikutnya.

Kepuasan mahasiswa diukur dengan tiga determinan, yaitu: (1) kemanfaatan yang diperoleh mahasiswa, (2) dukungan kelembagaan, dan (2) kinerja Dosen pembimbing lapangan (DPL), yang secara keseluruhan melibatkan sepuluh indikator. Tingkat atau kategori kepuasan mahasiswa diukur menggunakan kriteria rasio skor kepuasan aktual terhadap skor ideal. Hasil pengukurannya adalah: sangat puas, puas, cukup, dan kurang.

Secara keseluruhan mahasiswa peserta KKN tergolong merasa puas (skor = 0.72) terhadap pelaksanaan KKN, namun demikian masih diperlukan kerja keras semua pihak untuk mencapai tingkat kepuasan pada kategori sangat puas. Menurut jumlah pesertanya, sekitar 97% mahasiswa merasa “sangat puas” dan “puas” terhadap pelaksanaan KKN.

Kepuasan tertinggi dan termasuk kategori “sangat puas”, ditujukan pada dua indikator determinan kemanfaatan yang diperoleh, yaitu: memeroleh pengetahuan dan keterampilan baru dan memahami masalah yang dihadapi masyarakat. Peringkat berikutnya dan tergolong “puas” ditujukan pada determinan dukungan kelembagaan. Sebaliknya skor terendah ditujukan pada indikator keterlibatan dan tingkat kehadiran Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) di daerah kerja KKN, atau berarti memposisikan determinan kinerja dosen pembimbing lapangan (DPL) pada peringkat terendah dan tergolong pada kategori kepuasan “cukup”.

Back To Top