Laporan Survey Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Nusantara disusun sebagai luaran dari kegiatan survei yang ditugaskan oleh Pimpinan FIKOM-UNINUS yaitu ditujukan untuk memetakan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja atau pelayanan dosen, pengelola (pimpinan fakultas & program studi), tenaga kependidikan dan kelayakan sarana-prasarana di lingkungan FIKOM-UNINUS. Selain untuk memenuhi persyaratan akreditasi, hasilnya diharapkan dapat memberikan masukkan penting dan kemudian ditindak-lanjuti sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan proses manajemen mutu dan tata-kelola pada umumnya, baik di tingkat fakultas maupun program studi.
Kegiatan survei hingga penyusunan laporannya memerlukan waktu sekira tiga bulan (Oktober-Desember). Sebelumnya laporan didiskusikan pada tingkat Fakultas & Program Studi serta melibatkan beberapa pihak pemangku kepentingan lainnya. Artinya laporan ini merupakan hasil revisi akhir setelah memperoleh masukkan, kritisi dan koreksi dari berbagai pihak.
Walaupun diusahakan, tetap saja studi ini belum sempurna. Oleh karena itu kami masih membuka ruang untuk berdiskusi, serta menerima berbagai kritik dan saran terkait substansi laporan survey. Semua bentuk kesalahan terkait konsep, metode, penafsiran, narasi, diksi, maupun redaksional adalah tanggung jawab tim survei.
Akhir kata, dengan segala keterbatasan dan kekurangannya, kami sampaikan laporan ini kepada FIKOM-UNINUS, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Universitas dan Yayasan atau kepada siapa pun yang masih berminat untuk memajukan FIKOM-UNINUS, mudah-mudahan dapat memberikan inspirasi dan dapat dijadikan rujukan alternatif untuk semua pemangku kepentingan. Kepada semua pihak yang berkontribusi dalam kegiatan survei ini, kami ucapkan Jazakumullah khairan…………….
Ketua Tim,
Tansah Rahmatullah