PROFIL LULUSAN
Profil lulusan program studi merupakan peran dan fungsi lulusan setelah menyelesaikan pendidikan sesuai dengan bidang keilmuan/keahlian dari program studi
1. Professional Public Relations Officer
Pelaksana pekerjaan profesional komunikasi bidang hubungan masyarakat (public relations) berbasis teknologi digital pada industri komunikasi terkini dengan menerapkan kode etik profesi dan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar kejujuran (shidiq), bertanggung jawab (amanah), mendidik dan komunikatif (tabligh), dan cerdas (fathonah), memiliki keunggulan pada pengelolaan project serta memiliki spesialisasi keterampilan pada posisi atau di bidang pekerjaan : MC (Master of Ceremony), Periklanan, Media Relations (hubungan media), Government Relations (hubungan pemerintahan), Public Servicer (layanan publik), Internal Publishing (penerbitan ineternal), Pengelolaan industri pariwisata halal (MICE), dan Marketing Public Relations (pemasaran hubungan masyarakat)
2. Professional Journalist
Pelaksana pekerjaan profesional komunikasi bidang jurnalis dan konten kreasi new media yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan media kreatif dalam berbagai bentuk, konsep, isi, dan produk media kreatif yang berbasis multimedia era industri 4.0 dengan menerapkan kode etik profesi dan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar kejujuran (shidiq), bertanggung jawab (amanah), mendidik dan komunikatif (tabligh), dan cerdas (fathonah), memiliki keunggulan dalam hal kemampuan bidang jurnalistik multi-platforms serta memiliki spesilisasi keterampilan sebagai profesional industri media.
3. Researcher
Pelaksana profesional penelitian (Asisten Peneliti) bidang komunikasi dengan penguasaan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang mampu menulis hasil penelitian di jurnal ilmiah serta mampu mempresentasikan hasil penelitiannya pada forum ilmiah
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN
SIKAP
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Mengamalkan pola pikir moderat (tawassuthiyyah), toleran (tasamuhiyah), reformatif (Ishlahiyyah), dinamis (tathowwuriyah), dan metodologis (manhajiyah) sebagai nilai inti dan karakter aswaja (ahlus shunnah wal jamaah);
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
PENGUASAAN PENGETAHUAN
- Menguasai konsep, dasar-dasar keilmuan dan aplikasi ilmu komunikasi dalam bidang kehumasan dan jurnalistik;
- Menguasai konsep proses dan fungsi manajemen yang relevan dengan bidang keahlian humas dan jurnalistik;
- Menguasai teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang bidang keahlian humas dan jurnalistik
- Menguasai konsep, dasar-dasar penelitian dan pengembangan komunikasi untuk menunjang praktik dalam bidang keahlian humas dan jurnalistik;
- Memahami prinsip-prinsip etika dan kode etik profesi serta menerapkan dan menjunjung tinggi kode etik profesi serta nilai-nilai dasar kejujuran (shidiq), bertanggung jawab (amanah), mendidik dan komunikatif (tabligh), dan cerdas (fathonah) dalam bidang keahlian humas dan jurnalistik
- Memiliki pengetahuan mengenai pendekatan komunikasi untuk memberikan kontribusi terhadap penyelesaian masalah sosial;
KETERAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
KETERAMPILAN KHUSUS
- Mampu menguasai keterampilan komunikasi bidang jurnalistik dan hubungan masyarakat (public relation) sesuai kompetensi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada Industri 4.0
- Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah komunikasi dengan landasan kode etik profesi serta menjunjung tinggi nilai-nilai dasar kejujuran (shidiq), bertanggung jawab (amanah), mendidik dan komunikatif (tabligh), dan cerdas (fathonah) pada profesinya;
- Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian bidang komunikasi dengan penguasaan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan mampu menulis hasil penelitian di jurnal ilmiah serta mampu mempresentasikan hasil penelitiannya pada forum ilmiah
- Mampu mengelola pekerjaan profesional komunikasi bidang jurnalistik multi platform dan hubungan masyarakat (public relations) dengan landasan kode etik yang relevan serta menjunjung tinggi nilai-nilai dasar kejujuran (shidiq), bertanggung jawab (amanah), mendidik dan komunikatif (tabligh), dan cerdas (fathonah)
- Mampu mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi program komunikasi pada profesinya dalam berbagai bentuk pada berbagai jenjang organisasi;
- Mampu mengoperasikan dan memanfaatkan media teknologi informasi dan komunikasi, berinteraksi dan bekerjasama dengan pihak lain untuk mengelola project bidang komunikasi pada profesinya;
- Mampu menampung, mengelola, dan menyebarluaskan informasi pada profesinya;